Sabtu, 26 September 2015

Khasnya Ponorogo ya Es Dawet Jabung

Wah...wah...wah... Kuliner yang satu ini memang asli dari Ponorogo gaes. Es Dawet Jabung hampir mirip dengan es cendol. Tapi, yang membedakan adalah cendol yang dipakai dibuat sendiri tanpa ada bahan pewarnanya gaes. Jadi warnanya ya bening.

Banyak banget lo gaes orang yang mampir di warung Jabung. Bahkan mereka yang dari luar kota pun banyak yang rela datang ke Ponorogo buat nyobain sensasi Es Dawet Jabung ini gaes. Apalagi kalau udah lebaran. Hemm, dijamin bakal desak - desakan gaes.

Es Dawet Jabung terbuat dari tepung aren. Kuah dawetnya terbuat dari santan kelapa muda dengan ditambahkan gula aren dan sedikit garam gaes. Untuk memperkaya rasa, biasanya penjual es dawet Jabung menambahkan tape ketan dan irisan buah nangka.

Ini nih yang membuat es dawet jabung berbeda dengan es dawet pada umumnya. Ada gempolnya gaes. Gempol? Mungkin kalian pada nanya apa sih gempol  itu. Hehehe.... Sini aku jelasin. Dilihat dari namanya sih kayak sejenis bulatan gede gitu ya. Hahaha... Gempol adalah bulatan - bulatan yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, dan sedikit garam. Lalu adonan gempol dicampur dengan air hangat sambil diuleni secara merata. Setelah itu, adonan dibentuk bulat lalu direbus sampai airnya mendidih. Kemudian jadi deh.

Ini gaes yang namanya gempol.


Satu lagi nih gaes, yang membuat Es Dawet Jabung berbeda dengan es dawet yang lainnya. Cara menyajikannya gaes. Penjual es dawet Jabung akan menaruh lepek di bawah mangkok es dawetnya lo. Jadi, pembeli hanya boleh mengambil mangkoknya saja gaes. Jangan diambil lepeknya juga. Nanti malu - maluin kayak aku lo hehehe....

Gambar yang sempat aku ambil gaes.


Penasaran pengen nyoba??? Makanya dateng dong kesana. Tempatnya mudah banget, dari Aloon Aloon Ponorogo ke timur. Lalu perempatan Jeruksing ke selatan. Ikuti jalan ya gaes, jangan belok - belok soalnya jalannya cukup lurus. Nah, setelah kurang lebih 4km kalian bakalan nemu tuh banyak warung es dawet Jabung di pinggir jalan. Selamat mencoba gaes.

6 komentar:

  1. wah....enak tu kayaknya :-)
    mau dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, makanya cobain Lutfi. :) Ada sensasi tersendiri loh

      Hapus
  2. iya...jadi pengen kesana dech...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada waktu ya disempetin ke Ponorogo kak. Nanti bakal aku ajak jalan" kak

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya. khusus eva bayarin aku sekalian ya :)

      Hapus