Jumat, 25 September 2015

Si Manis Gethuk Golan

Hai kawan setia Ayo Nge - Trip Ponorogo Gaes!!!

Jumpa lagi denganku. Hehehe... Jangan bosan ya gaes. Kali ini aku bakal mengulas tentang si manis legit dari ujung kulon Ponorogo, Gethuk Golan.



Apa sih menurut kalian "gethuk" itu gaes? Gethuk itu adalah makanan yang terbuat dari ketela ( singkong ) yang di rebus lalu ditumbuk agar lembut lalu ditambahkan gula agar rasanya legit gaes.



Desa Golan dulu lebih dari 70% penduduknya membuat dan menjual kuliner gethuk ini. Waktu itu gethuk yang mereka buat masih murni berwarna putih, berbahan singkong tanpa tambahan gula merah gaes. Tapi, sekarang semakin ada inovasi baru, mereka memanfaatkan gula merah untuk tambahan pemanis kuliner ini. Seiring berjalannya waktu, ternyata sekarang hanya sekitar 12 orang yang masih bertahan membuat gethuk ini.

Aku mencoba mendatangi salah satu tempat yang mem produksi Gethuk Golan gaes. Ya tepatnya di Desa Golan. Hehehe. Ada yang unik nih gaes, baru buka aja tempatnya udah rame banget. Terpaksa harus ngantri nih, padahal cuma beli 2 hehehe. Setelah bertanya – tanya seputar olahan Gethuk Golan ini, akhirnya aku menyimpulkan bahwa kuliner khas ini sudah diturunkan ke 3 generasi gaes. Waaah, keren. Mereka masih menjaga warisan sampai sekarang. Hmmm….

This is my picture gaes. Hehehe...


Ada alasan tersendiri mengapa Gethuk Golan menjadi legenda gaes. Dari segi penyajian nih, gethuk biasa singkog diolah dengan menumbuknya bersama gula jawa gaes. Sementara gethuk Golan, adonan singkong asli didampingi irisan jadah, ditaburi parutan kambil ( kelapa ) dan cairan gula merah gaes. Bukan hanya itu, harganya sangat terjangkau loh buat kalian yang lagi krisis hehehe. Bayangin, harganya cuma Rp 1.500 loh gaes, murmer kan.

 Kalau kalian penasaran dengan cita rasa yang ditawarkan, makanya coba dulu. Jangan tanya kalau belum nyobain gaes. DON’T ASK FIRST, BEFORE TRY TO TASTE. Ceilehhhh, gaya banget ya pakek Bahasa Inggris segala. Hehehe. Selamat mencoba ya gaes.

 

0 komentar:

Posting Komentar